Selasa, 06 April 2010

Tips Berhemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa/i ” Empat Harus Empat Jangan “

Tips Berhemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa/i ” Empat Harus Empat Jangan “

Pelajar & mahasiswa/i, mendengar istilah ini tentunya bagi sebagian orang berpikir pelajar & mahasiwa ini identik dengan penghematan, pelit, dan sebagainya. Akan tetapi, ada juga mahasiwa yang dengan mudahnya mengeluarkan uang dari dompet untuk keperluan mereka sehari-hari atau bahkan keperluan mereka untuk bersenang-senang. Intinya, ada mahasiswa dari golongan mampu & ada pula mahasiswa dari golongan pas-pasan.



terlepas dari semua itu, black community seperti mahasiswa/i pada umumnya terkadang uang yang dikirim selalu kurang walaupun sebenarnya berlebih. Ini karena sebagian mahasiswa/i belum mampu membedakan kebutuhan mana yang paling diutamakan bagi mereka, terlebih mahasiswa /i baru yang baru pertama kali merasakan tinggal dikost jauh dari orang tua mereka.

Bagi anda pelajar atau mahasiswa/i yang merasa kesulitan dalam mengelola uang bulanan anda, berikut kami akan berikan beberapa tips yang kami sebut dengan ” Empat Harus dan Empat Jangan “ buat anda agar anda mampu mengelola uang bulanan anda menjadi lebih baik. Sebagai pelajar atau mahasiswa/i, empat point yang harus anda lakukan untuk mengelola uang kas bulanan anda adalah :

1. Klasifikasikan kebutuhan-kebutuhan anda.

Dalam tahap ini anda harus mencoba mengklasifikasikan mana yang menjadi kebutuhan primer dan mana yang menjadi kebutuhan sekunder. Dimulai dari yang terpenting dulu, yaitu biaya makan & minum, biaya transportasi, biaya keperluan sehari-hari (Odol, sabun, susu, kopi, djarum black, air galon dsb.), biaya rekening listik dan air, dan biaya lainnya ( Beli buku, hang out, atau mungkin pacaran). Point pertama ini tujuannya adalah agar kamu dapat mengetahui dari biaya apa saja yang sudah kamu klasifikasikan, mana yang sebaiknya kamu kurangi dan mana yang sebaiknya kamu tingkatkan. Sehingga kondisi keuangan kamu akan balance (seimbang) dengan uang pemasukan yang kamu terima tiap bulannya dari rumah.

2. Buat catatan akuntansi aktivitas uang kas kamu.

Nggak usah yang rumit, yang simple simple aj. Kamu cukup mencatat apa apa saja biaya yang sudah kamu keluarkan. Jangan lupa, mungkin kerabat dekat kamu datang mengunjungi kamu dan mereka memberikan uang saku, sebaiknya kamu juga mencatatnya didalam catatan kamu. Ini akan menjadi nilai tambah buat kamu & kamu pasti tidak akan merasa kalo uang kamu hilang ntah ke mana.



3. Menyisihkan Uang Bulanan Kamu untuk ditabung.

Sebenarnya point pertama & kedua sudah cukup membantu anda dalam mengelola uang bulanan anda. Namun ada baiknya anda menjalankan point ke tiga ini. Sebaiknya anda harus menyisihkan uang anda untuk ditabung. Ini gunanya apabila disaat-saat kritis anda sangat membutuhkan uang, anda sudah memiliki tabungan untuk anda gunakan. Atau mungkin anda coba menabung uang anda untuk masa depan anda kelak.

4. Tidak ada salahnya anda mencari peluang bisnis

Untuk memnuhi kebutuhan anda & agar anda memilki uang simpanan sehingga anda tidak terlalu memikirkan mengenai finansial bulanan anda, ada baiknya anda bekerja sampingan, seperti menjalankan bisnis pulsa, bisnis konveksi, maupun bisnis HALAL lainnya yang bisa memberikan tambahan finansial bulanan anda.

NB: Kenapa kami tidak menyarankan anda untuk mencari kerja sampingan, karena kami takut anda berpikiran negatif terhadap ini. Namun, apabila anda mampu mencermatinya dengan baik & halal, tidak ada salahnya untuk dijalankan.



Kemudian, empat point yang sebaiknya jangan anda lakukan agar anda dapat berhemat adalah :

1. Jangan Terlalu Boros.

Anda tau posisi anda sekarang sebagai apa, anda tau siapa yang membiayai anda hingga anda lulus kuliah, anda tau siapa yang bersusah payah banting tulang agar anda dapat sekolah dan kuliah, & anda tau siapa yang memenuhi kebutuhan anda sehari hari. Kalo anda sudah mengetahuinya, sebaiknya anda harus sadar diri. Anda harus ingat tujuan anda belajar dan kuliah untuk apa. Jangan terlalu menghambur-hamburkan uang secara berlebihan.

2. Jangan mengesampingkan kuliah.

Kalau anda mengesampingkan kuliah dan memprioritaskan yang tidak penting, ini akan memicu anda untuk menghabiskan uang kas perbulan anda ke biaya yang seharusnya tidak anda keluarkan terlalu berlebihan untuk itu.

3. Jangan Berhutang

Sangat tidak baik kalau sampai anda berhutang. Apalagi setelah anda berhutang, anda telat membayar sesuai yang telah anda janjikan kepada sipemberi hutang atau mungkin anda sampai tidak mampu membayar hutang anda. tentunya ini akan menambah beban pikiran anda sehingga anda tidak berkonsentrasi untuk belajar & dapat merusak image baik anda dimata teman-teman anda.

4. Sebaiknya Jangan Pacaran ketika anda Masih Kuliah

Kalau berbicara tentang point ke empat ini, tentunya anda bertanya-tanya kenapa ini sebaiknya jangan dilakukan. Kami tau, ini adalah masalah perasaan. Karena itu pula kami menambahkan kata “sebaiknya” pada point ini. Alasannya ialah, terkadang apabila anda sudah mempunyai pacar, anda akan begitu terlena dengan dia sehingga anda tidak berkonsentrasi untuk belajar, terutama bagi anda para lelaki. Anda akan mengajak dia ntah ke mana tanpa memikirkan lagi berapa uang dalam dompet anda, sehingga tanpa anda sadari uang bulanan anda habis hanya karena kekasih anda yang sementara. Sehingga dengan terpaksa anda melakukan point ke tiga diatas yaitu berhutang kepada taman anda yang tidak pantas anda lakukan. Maka, sebaiknya anda harus cerdik dan cermat menanggapi point ini. ( Anda tau apa maksud kami ).



Mudah-mudahan ini berguna bagi anda dalam mengelola uang bulanan anda. Kami sudah menjalankan empat point harus dan empat point jangan diatas. Kalo anda konsisten menjalankannya, insya allah dan kami yakin, anda pasti bisa mengelola uang kas bulanan anda dan anda akan memiliki uang tabungan dari uang bulanan anda sendiri.

Semoga ini Bermanfaat bagi anda !

by Dwilyassweet.blogspot.com

COMMENTS :

Don't Spam Here

4 komentar to “Tips Berhemat Bagi Pelajar dan Mahasiswa/i ” Empat Harus Empat Jangan “”

sepertinya gampang untuk berbicara begitu tp kok sulit bgt yah pelaksanaanya,,,

geotextile mengatakan...
on 

itu karena kita terkadang kurang bisa mengendalikan diri...

Dwilya mengatakan...
on 

iya nih, mahasiswa harus bisa ngatur uang juga..

Anonim mengatakan...
on 

=((

Anonim mengatakan...
on 

Posting Komentar

Sumbangan

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .